Ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi



ETIKA DAN MORAL PENGGUNAAN TIK

  Ketentuan Penggunaan Teknologi             Informasi Dan Komunikasi

A.Etika Dan Moral Penggunaan Tik

Dalam penggunaan perangkat teknologi/ teknologi informasi saat ini, terutama computer, tidak hanya kemampuan dalam menjalankan program-program computer atau bisa mengutak-atik seluruh system dalam computer, kita juga harus memiliki sikap (etika dan moral). Apalagi kaitan dalam dunia internet yang sekarang sudah semakin “mendunia”. Sebab semua hal dalam internet baik itu gambar, musik, file-file berita atau informasi, kesemuanya itu baik langsung atau pun tidak langsung merupakan hasil karya cipta (kekayaan intelektual) dari seseorang, sekelompok orang, maupun lembaga yang dilindungi oleh Undang-Undang.

Beberapa Hal yang menyangkut dalam Etika dan moral dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi :

1. Menghargai Hasil Karya Orang Lain
Beberapa perbuatan yang dapat mencerminkan penghargaan kita terhadap hasil karya orang lain:

          1.Selalu menggunakan perangkat lunak                  yang asli, resmi, dan berlisensi dari                      perusahaan yang mengeluarkan                          perangkat lunak tersebut.

          2.Menghindari penggunaan perangkat                   lunak bajakan yang tidak bisa                               dipertanggungjawabkan kualitas dan                   keasliaannya.

          3.Tidak turut serta dalam tindakan                          membajak, menyalin, mengkopi,                            maupun menggandakan perangkat                      lunak atau program computer tanpa                    seizin dari perusahaan yang                                  menerbitkan perangkat tersebut.

          4. Menghindari penyalahgunaan                                perangkat lunak dalam bentuk apapun                yang bersifat negative dan merugikan                  orang lain.

           5.Tidak melakukan tindakan                                    pengubahan, pengurangan, maupun                    penambahan hasil ciptaan suatu                          perangkat lunak.

2. Hak Cipta Perangkat Lunak
Menurut Pasal 12 Ayat (1) Undang-Undang Hak Cipta No.19 Tahun 2002, Ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, yang mencangkup:

Buku, program computer, pamflet, lay out karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain;

           1. Ceramah, kuliah, pidato, dan Ciptaan                   lain yang sejenis dengan itu;Alat                           peraga yang dibuat untuk kepentingan                 pendidikan dan ilmu pengetahuan;

            2. Lagu atau musik dengan atau tanpa                    teks;

             3. Dram atau drama musical, tari,                              koreograffi, pewayangan, dan                                pantomim;

           4. Seni rupa dalam segala bentuk                             seperti seni lukis, gambar, ukir,                             kaligrafi, pahat, patung, kolase,                             terapan;

           5. Arsitektur;

           6. Peta;

           7. Seni batik;

           8. Fotografi;

           9. Sinematografi;

         10. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga                        rampai, database, dan karya lain dari                  hasil pengalihwujudan;

Sedangkan untuk ciptaan yang tidak memiliki atau tidak ada Hak Cipta seperti yang dinyatakan dalam pasal 13 Undang-Undang Hak Cipta No.19 tahun 2002 adalah:

         a. Hasil rapat terbuka kembaga-lembaga               Negara;

         b. Peraturan perundang-undangan;

         c. Pidato kenegaraan atau pidato pejabat               pemerintah;

        d. Putusan pengadilan atau penetapan                    hakim; atau

        e. Keputusan badan arbitrase atau                          keputusan badan-badan sejenis lainnya.

Undang-undang Hak Cipta yang belaku saat ini adalah Undang-Undang Hak Cipta No.19 tahun 2002 yang merupakan penyempurnaan dari Undang-Undang Hak Cipta No.6 tahun 1982, Undang-Undang Hak Cipta No.7 Tahun 1987, dan Undang-Undang Hak Cipta No.12 tahun 1997.

Menurut Pasal 2 Ayat (2) Hak Cipta No.19 tahun 2002, Pencipta atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersil.

3. Tata Cara Mengutip/Mengkopi Hasil Karya Orang Lain
Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan dalam mengutip maupun mengkopi hasil karya cipta orang lain, termasuk tulisan ini pun sesungguhnya tidak murni hasil karya saya, jadi saya pun juga berhati-hati dalam mengutip isi dari artikel sesungguhnya. Hal-hal tersebut antara lain sebagau berikut:

Pasal 14 UU Hak Cipta No.19 tah 2002 menyatakan bahwa :
“Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;

     • Pengumuman dan/atau diperbanyak oleh         atau atas nama Pemerintah, kecuali                     apabila Hak Cipta itu dinyatakan                           dilindungi,baik dengan peraturan                           perundang-undangan maupun dengan                 pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau           ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau             diperbanyak; atau

    • Pengambilan berita actual baik seluruhnya        maupun sebagian dari kantor berita,                    Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau          sumber sejenis lain, dengan ketentuan                sumbernya harus disebutkan secara                    lengkap.”

 Pasal 15 UU Hak Cipta No.19 tahun 2002           menyatakan bahwa:

Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta :

       1. Penggunaan Hak Ciptaan pihak lain                     untuk kepentingan pendidikan,                             penelitian, penulisan karya ilmiah,                         penyusunan laporan, penulisan kritik                   atau tinjauan suatu masalah dengan                   tidak merugikan kepentingan yang wajar            dari Pencipta;

      2. Pengambilan Ciptaan pihak lain, baik                  seluruhnya maupun sebagian, guna                    keperluan pembelaan di dalam atau di                luar Pengadilan;

     3. Pengambilan Ciptaan pihak lain, baik                   seluruhnya maupun sebagian, guna                     keperluan:

       (i) Ceramah yang semata-mata untuk                     tujuan pendidikan dan ilmu                                     pengetahuan, atau

     (ii) Pertunjukan atau pementasan yang                    tidak dipungut bayaran dengan                              ketentuan tidak merugikan kepentingan             yang wajar dari Pencipta;

       4. Perbanyakan suatu Ciptaan bidang ilmu             pengetahuan, seni dan sastra dalam                   huruf braile guna keperluan para                          tunanetra, kecuali jika Perbanyakan itu                bersifat komersial;

      5. Perbanyakn suatu Ciptaan selain                          Progam Komputer secara terbatas                     dengan cara atau alat apapun atau suatu           proses yang serupa oleh perpustakaan               umum, lembaga ilmu pengetahuan atau             pendidikan, dan pusat dokumentasi yang           nonkomersial semata-mata untuk                       keperluan aktivitasnya;

     6. Perubahan yang dilakukan berdasarkan             pertimbangan pelaksanaan teknis atas              karya arsitektur, seperti Ciptaan bangunan;

     7. Pembuatan salinan cadangan suatu                  Progam Komputer oleh Pemilik Progam             Komputer yang dilakukan semata-mata               untuk digunakan sendiri;

 Berdasarkan ketentuan-ketentuan diatas          maka tata cara mengutip atau mengkopi            hasil karya orang lain antara lain sebagai            berikut:

   1. Setiap pemgambilan atau pengutipan                Ciptaan pihak lain sebagian maupunn                 seluruhnya harus mencantumkan                         sumbernya jika tujuan pengambilan                    tersebut untuk keperluan seperti yang                disebutkan pada Pasal 15 UU Hak Cipta               No.19 tahun 2002 diatas. Namun jika                 tujuannya untuk keperluan diluar yang                 ditentukan oleh pasal tersebut seperti                komersialisasi atau mencari keuntungan,          maka kita perlu mendapatkan persetujuan        dari Pemegang Hak Cipta dengan ketentuan      yang sudah diatur oleh undang-undang.

    2. Pemilik suatu Progam Komputer (bukan            Pemegang Hak Cipta Progam Komputer )         dibolehkan membuat salinan Progam                 Komputer yang dimilikinya tersebut untuk           dijadikan cadangan, jika digunakan untuk           keperluan sendiri, bukan untuk                             komersialisasi atau mencari keuntungan.           Hal ini sudah ditetapkan dalam Pasal 15             UU Hak Cipta No.19 tahun 2002 huruf g.

B.Pelanggaran Etika Dan Moral Tik

Pelanggaran atas hak cipta seseorang akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan pasal 72 Undang-undang Hak Cipta No. 19 tahun 2002 yang berbunyi:

Ayat 1 : Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima milyar rupiah).

Ayat 2 : Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Ayat 3 : Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program Komputer dipidana penjara paing lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juga rupiah).

 Tindakan penggunaan teknologi informasi yang bertentangan dengan moral dan undang-undang yang berlaku dan banyak dibicarakan saat ini, antara lain: 

   1.Hacking – by hacker.


Tindakan pembobolan data rahasia suatu institusi, membeli barang lewat internet dengan menggunakan nomor kartu kredit orang lain tanpa izin (carding) merupakan contoh-contoh dari tindakan hacking. Orang yang melakukan hacking disebut hacker. Begitu pula dengan membuka kode program tertentu atau membuat suatu proses agar beberapa tahap yang harus dilakukan menjadi terlewatkan (contoh: cracking serial number) apabila dilakukan tanpa izin juga merupakan tindakan yang menyalahi hukum. 

  2. Pembajakan 


Mengutip atau menduplikasi suatu produk, misalkan program komputer, kemudian menggunakan dan menyebarkan tanpa izin atau lisensi dari pemegang hak cipta merupakan pembajakan, dan masuk kategori kriminal. Contohnya, ketika seseorang menduplikasi program Microsoft Office, kemudian diinstalasi tanpa membeli lisensi yang sah. Walaupun memang harga lisensi program tersebut relatif mahal untuk ukuran rata-rata pendapatan per kapita di Indonesia, namun apabila tindakan tersebut dituntut oleh pemegang hak cipta, maka pelaku pembajakan yang dalam posisi lemah akan dikenai sanksi dan konsekuensi sesuai hukum yang berlaku. 

Browsing situs-situs yang tidak sesuai dengan moral dan etika kita 

Membuka situs dewasa bagi orang yang belum layak merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan norma dan etika. Teknologi internet yang dapat memberikan informasi tanpa batas akan mengakibatkan tindakan yang beragam, mulai dari tindakan-tindakan positif sampai negatif. Orang yang tahu akan manfaat internet dan memanfaatkan secara positif akan mendapatkan hasil yang positif pula, dan begitu juga sebaliknya.

Faktor-faktor maraknya pembajakan perangkat lunak oleh masyarakat adalah :

-pendapatan masyarakat yang relatif kecil 

- tingkat pendidikan yang relatif masih rendah 

- harga izin atau lisensi perangkat lunak yang relatif mahal 

-kontrol pemerintah yang tidak tegas 

-kurangnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menggunakan software yang legal.


Komentar